MATERI BAHASA INGGRIS KELAS XII IPS 1, XII IPA2, XII IPS 2

 MATERI BAHASA INGGRIS KELAS XII  IPA/IPS 

MATERI     : APPLICATION LETTER

KELAS       : XII IPA/IPS

KD              : 3.2 dan 4.2 

TUJUAN   : DIHARAPKAN SETELAH MEMAHAMI MATERI TERSEBUT SISWA DAPAT MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN DALAM BAHASA INGGRIS

 TUGAS  1  :  PAHAMILAH MATERI DI BAWAH INI LALU BUATLAH RINGAKASAN SINGKAT TENTANG MATERI APPLICATION LETTER DI BUKU BAHASA INGGRIS MU DAN KIRIM TUGASMU MELALUI WHATSAPP MAM SEPTI


APPLICATION LETTER


Application Letter atau sering disebut juga dengan nama cover letter. Application letter adalah dokumen yang dipergunakan untuk melamar kerja.

Surat ini biasanya disertakan dengan resume yang berisi mengenai informasi tambahan terkait kemampuan dan pengalaman kerja sang pelamar.

Ada hal penting yang harus Anda sertakan dalam membuat Application letter yaitu memberikan penjelasan detail mengapa Anda adalah kandidat yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Pemilihan kata dan bahasa harus efektif dan alasannya juga harus sesuai atau dengan pekerjaan yang akan dilamar tersebut.

Format Application Letter

 

Cara membuat Application Letter yang baik yaitu dengan menggunakan format penulisan bisnis formal. Format penulisan pada dokumen ini memiliki beberapa ciri khusus yaitu dengan menggunakan bahasa profesional.

Pastikan dalam penulisan application letter tidak ada  kesalahan gramatikal sekecil apapun. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi berupa kontak agar mudah untuk dihubungi.

Application letter harus menjelaskan mengapa pekerjaan yang dilamar tersebut sangat cocok untuk dipegang oleh Anda.

Anda juga dapat menjelaskan pengalaman-pengalaman yang pernah dialami dimana pengalaman tersebut masih berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

 

Format application letter yang bagus tidak bertele-tele, singkat, padat dan jelas.

Format detail membuat Application Letter

 

Heading

Pada bagian heading, Anda dapat menuliskan informasi-informasi detail tentang identitas Anda. Seperti nama, alamat lengkap meliputi kota provinsi dan kode pos, nomor telepon dan email.

Kemudian tulis tanggal surat pada baris selanjutnya. Jangan lupa menuliskan nama dari perekrut, jabatannya dan alamat lengkap perekrut.

 

2. Subjek

Ketika melamar pekerjaan dilakukan secara online, maka Anda harus menuliskan pada bagian subjek bertuliskan pekerjaan yang dilamar beserta nama Anda.

Dengan menuliskan nama pada subjek tersebut maka perekrut akan lebih jelas mengenai nama dan posisi apa yang akan Anda ambil.

 

 

 

3. Greeting

Mulailah penulisan application letter dengan greeting atau sapaan. Misalnya Dr / Mr / Mrs. Namun jika Anda tidak mengetahui nama perekrut, maka dapat menuliskan Deaing hiring manager.

4. Body of Letter

Paragraf pertama dapat dijelaskan mengapa Anda membuat surat tersebut. Sebutkan pekerjaan yang Anda lamar dan dimana Anda menemukan lowongan pekerjaan tersebut, misalnya Anda dapat dari situs jobskarir.id.

Paragraf kedua sebaiknya berisi apa yang Anda tawarkan pada perekrut termasuk dalam kemampuan dan pengalaman kerja Anda. Sebutkan mengapa Anda cocok menjadi kandidat terkuat untuk pekerjaan tersebut.

Paragraf ketiga berisi ucapan terima kasih kepada perekrut.

5. Signature

Signature pada application letter dengan bahasa yang sopan seperti regards atau sincerely. Kemudian tambahkan tanda tangan yang diikuti dengan nama jelas. Jika mengirim melalui email, Anda cukup menuliskan nama jelas yang diikuti dengan informasi kontak.

 

 Contoh Application Letter di PT / Perusahaan

Medan, May 10th, 2019

Ms. Afni Mediarti

Human Resources Manager

PT Mimpi Indah

Jl. Menuju Masa Depan No. 10

Medan

 

Dear Ms. Afni,

Based on the advertisement posted on devjobsindo.id that PT Mimpi Indah is looking for Staff Administration. I am interested in applying for this position.

 

I have graduated from Muhammadiyah North Sumatra University, majoring in Management. I have worked as freelance Staff Administration at PT Unicever for two years after graduating and as a Staff Marketing for PT Indomood since 2016-2018. I believe I could be a strong candidate through the skills and experiences I have.

 

I am a fast learner and have good motivation. I am proficient in many computer software programs, including Miscrosoft Word, Excel, Access and PowerPoint. I work effectively under pressure and developed excellent communication skills through my job experience.

 

Please take the time to review my resume. With my qualifications, I confident that I will be able to contribute to your company. Please contact me on +628121111222. I hope I can get the opportunity to discuss with you about an interview. I look forward to hearing from you soon. Thank you for your time and consideration.

 

Sincerely,

 

Winda Eka Maya

 

Terjemahannya :

 

Teks dalam Bahasa Indonesia:

Medan, 10 Mei 2019

Kepada Yth.

Ibu Afni Mediarti

Human Resources Manager

PT Mimpi Indah

Jl. Menuju Masa Depan No. 10

Medan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh pada website devjobsindo.id bahwa PT Mimpi Indah sedang membutuhkan karyawan untuk Staf Administrasi. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada bidang tersebut.

Saya merupakan lulusan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, jurusan Manajemen. Setelah lulus kuliah, saya pernah bekerja secara freelance sebagai Staf Administrasi pada PT Univecer selama dua tahun dan bekerja sebagai Staf Marketing pada PT Indomood sejak 2016-2018. Saya yakin, saya akan menjadi kandidat yang tepat berdasarkan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki.

 

Saya seseorang yang cepat dalam memahami sesuatu dan saya mempunyai motivasi yang baik. Saya mahir dalam menjalankan berbagai program software komputer, diantaranya Miscrosoft Word, Excel, Access and PowerPoint. Saya dapat bekerja dengan efektif dibawah tekanan dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik melalui pengalaman kerja saya.

 

Saya harap Anda dapat meluangkan waktunya untuk melihat resume saya. Dengan kualifikasi yang saya miliki, saya yakin dapat berkontribusi untuk perusahaan Anda. Silahkan hubungi saya melalui nomor +628121111222. Saya sangat menunggu kabar dari Anda segera. Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya.

Hormat Saya,

 

Winda Eka Maya

 


2. Contoh Application Letter di Bank

Medan, May 11th, 2019

Attention to :

Human Resources Department

PT Bank Negara Syariah

Jl. Sudirman No. 11, Medan

 

Dear Sir/Madam,

Based on the information I obtained from the official website of PT Bank Negara Syariah, that your company is looking for a Bank Teller. I intend to apply for this position.

 

The undersigned bellow :

Name                           : Misaki Lim

Address                       : Jl. Selasih No. 56

Place, Date of Birth     : Lampung, June 1st, 1996

Gender                        : Female

Phone Number            : +62812-8888-0000

 

Recent graduated with a bachelor’s degree in Accounting from Padjajaran University. My specialization is Finance Accounting. I consider myself that I have qualifications for this position. I have some computer skills, like using Microsoft Word, Excel, PowerPoint and Accounting software. I like to learn something new and I can work effectively under pressure.

 

As a consideration, I enclose my:

1.   Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate

2.   Copy of Academic Transcript

3.   Curriculum Vitae

4.   Copy of KTP

5.   Copy of Indonesian Police Sertificates (SKCK)

6.   Recent photograph, size 4×6

 

Thank you for your attention and I am looking forward to an opportunity to work with you in the future.

Best Regards,

 

Misaki Lim

Teks dalam Bahasa Indonesia :

Medan, 11 Mei 2019

Kepada Yth.

Human Resources Department

PT Bank Negara Syariah

Jl. Sudirman No. 11, Medan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs web resmi PT Bank Negara Syariah, bahwasannya perusahaan Anda mencari karyawan untuk bagian Teller Bank. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada bagian ini.

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                                      : Misaki Lim

Alamat                                    : Jl. Selasih No. 56

Tempat dan Tanggal Lahir      : Lampung, 1 Juni 1996

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Nomor Handphone                : +62812-8888-0000

Saya baru saja lulus dengan gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Padjajaran. Spesialisasi jurusan saya adalah Akuntansi Keuangan. Saya yakin, saya memenuhi kualifikasi untuk posisi ini. Saya memiliki keahlian dalam mengoperasikan komputer, seperti menggunakan Microsoft Word, Excel, PowerPoint and software Accounting. Saya sangat suka mempelajari hal yang baru dan saya bisa bekerja secara efektif dibawah tekanan.

Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu saya melampirkan beberapa data sebagai berikut :

1.   Foto copy Ijazah Terakhir

2.   Foto copy Transkip Nilai Terakhir

3.   Daftar Riwayat Hidup

4.   Foto copy KTP

5.   Foto copy SKCK

6.   Pas foto ukuran 4×6

Terima kasih atas perhatian Anda dan saya berharap mendapatkan kesempatan untuk berkerja dengan Anda kedepannya.

Hormat Saya,

 

Misaki Lim

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembahasan Soal Kelas XII IPA dan XII IPS

Pembahasan Soal Kelas XII IPA dan IPS

Pembahasan Soal XII IPA dan XII IPS